Mas Paimin Wae

The Technology Today Is The Future Of Tomorrow

KISI-KISI UN 2013

ANALISIS PENULISAN SOAL UNTAHUN 2012/2013

BERDASAR SKL

JenjangPendidikan         : SMP/MTs

Mata Pelajaran              : BahasaInggris

Kurikulum                     : Standar Isi

JumlahSoal                    : 50 Butir

BentukSoal                   : PilihanGanda

 

 

No

SKL

Bahan

Kelas

Materi/Teksdan

Indikator SKL

Topikteks 11/12

PREDIKSI SOAL UN12/13

Prediksi

Realisasi (Kodesoal E45, C71, B17)

1 Reading (Membaca):

Menentukangambaranumum/pikiranutamaparagraf/informasitertentu/informasirinci, tersuratdanatautersirat/rujukan kata ataumakna kata/frasaatautujuankomunikatifdalamteksfungsionalpendekberbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation.

8/9

GREETING CARD

Menentukan:

  • Tujuankomunikatifteks
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Makna kata/frasa
    • Keberhasilan seseorang dalam suatu lomba atau kelulusansekolah
 
  • Keberhasilanseseorangdalamsuatu lomba (Kodesoal B17) ataukelulusansekolah

 

  • Keberhasilan seseorang dalam suatu lomba olah raga
  • Kesuksesan seseorang menjadi siswa terbaik di sekolah/ dalam UN
  • Ulang tahun
  • Kelahiran bayi

 

 

2

7/8

SHORT MESSAGE

Menentukan:

  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Rujukan kata
  • Makna kata/frasa
    • Rencanakegiatanbelajarmengajar.
    • Penundaankegiatanbelajarmengajaratauekstrakurikuler
    • Memberiinformasitentangsuatukegiatan di sekolah, kegiatanumum(Kodesoal B17)
      • Penundaan kegiatan belajar mengajar atau ekstrakurikuler
      • Memberi informasi terkait KBM (intrakurikuler)
      • Memberi informasi terkait KBM (ekstrakurikuler)
      • Meminta  bantuan teman melakukan sesuatu
      • Memnita seseorang pergi ke suatu tempat
 

 

3

7/8

INVITATION

Menentukan:

  • Tujuankomunikatif
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
  • Pestaulangtahun
  • Kelulusan
  • Pernikahankeluarga
  • Haribesar agama
  • Haribesarnasional
    • Kelulusan (S1)
    • Tahunbaru (Kodesoal C71)
    • Pindahrumah(Kodesoal B17)
 
  • Pesta ulang tahun
  • Pernikahan keluarga
  • Hari besar agama
  • Hari besar nasional
  • Kelulusan siswa
  • Dinner party
  • Kelahiran bayi
  • House  warming
4  

7/8

ANNOUNCEMENTMenentukan:

  • Tujuanpenulisan
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata

 

  • Kegiatanbelajarmengajar
  • Kegiatanperayaanhari-haribesarnasional
  • Rencanapikniksekolah
  • Kegiatan di kantor (bank) (supermarket kode C71)
    • Kegiatan belajar mengajar
    • Kegiatan perayaan hari-hari besar nasional
    • Rencana piknik sekolah
    • Flight schedule
    • Train schedule
    • Kegiatan ekstrakurikuler
    • Tempat umum (Station,
Airport)

  •  
5  

8/9

ADVERTISEMENT

Menentukan:

  • Gambaranumum
  • Tujuanpenulisan
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
  • Tempa trekreasi
  • Hotel
  • Alat-alat kesehatan
  • Alat-alat tulis kantor
    •  
    • Tempat rekreasi
    • Hotel
    • Alat-alattuliskantor
    • Makanan/minuman
    • Produk
    • Barang elektronik (gadget)
 
6  

7/8/9

LETTER

Menentukan:

  • Tujuanpenulisan
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
    • Perkenalan
    • Permintaan informasi tertentu
    • Ucapan terima kasih
    • Konfirmasi tentang sesuatu
    • Email kepada sahabat tentang hobi
    • Surat kpd teman tentang liburan (Kodesoal C71)
    • Perkenalan (Kodesoal B17)
 
  • Permintaan informasi tertentu
  • Ucapan terima kasih
  • Konfirmasi tentang sesuatu
  • Permintaan perkenalan
  • Informasi kegiatan piknik seseorang

 

7  

 

1/2

CAUTION/NOTICE

Menentukan:

  • Makna caution/notice
  • Informasitersirat
Notice/caution yang ada:

  • Di sekolah
  • Di rumah
  • Di jalan
  • Di tempat rekreasi
Notice di tempat rekreasi Notice/caution yang ada:

  • Di sekolah
    • Di lapanganterbang/ stasiun
    • Di rumah
    • Di jalan
    • Di kebunbinatang
    • Di kebunseseorang
    • Di tempatumum

 

8 Reading (Membaca):

Menentukangambaranumum/pikiranutamaparagraf/informasitertentu/informasirinci, tersuratdanatautersirat/rujukan kata ataumakna kata/frasaatautujuankomunikatifdalamteksberbentuk descriptive.

8/9

DESCRIPTIVE

Menentukan:

  • Gambaran umum
  • Tujuan penulisan
  • Pokok pikiran paragraf
  • Informasi tertentu
  • Informasi rinci
  • Informasi tersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
 

  • Binatang kesayangan
  • Benda kesayangan
  • Anggota keluarga tercinta
  • Bintang film
  • Orang-orang sukses
 

  • Kota
  • Tempat tinggal
  • Binatang kesayangan
  • Benda kesayangan
  • Anggota keluarga tercinta
    • Alat transportasi tradisional
    • Alat transpormasi modern
    • Bintang film
    • Orang-orang sukses
 
9 Reading (Membaca):

Menentukangambaranumum/pikiranutamaparagraf/informasitertentu/informasirinci, tersuratdanatautersirat/rujukan kata ataumakna kata/frasaatautujuankomunikatifdalamteksberbentuk report.

9

REPORT

Menentukan:

  • Gambaranumum
  • Tujuanpenulisan
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
 

  • Gejalaalam,
  • Binatang
  • Profesi orang
  • Tumbuh-tumbuhan
  • Benda angkasa
 

  • Tentangbinatang (Jelly fish)
  • Benda angkasa
  • Tumbuhan-tumbuhan obat
  • Binatang darat
  • Binatang laut
  • Burung
  • Gejala alam
10 Reading (Membaca):

Menentukangambaranumum/pikiranutamaparagraf/informasitertentu/informasirinci, tersuratdanatautersirat/rujukan kata ataumakna kata/frasaatautujuankomunikatifdalamteksberbentuk procedure.

8/9

PROCEDURE

Menentukan:

  • Gambaranumum
  • Tujuanpenulisan
  • Pokokpikiranparagraf
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
  • caramembuat
×   Makanan

×   Minuman

×   Kerajinantangan

 

  • mengoperasikansesuatu
  • caramelakukantindakansederhana (misal : mengatasilukabakar)(how to repel mice), penhentianpendarahan (Kodesoal D32))
  • Cara membuat
>Makanan

>Minuman

>Kerajinantangan

  • Mengoperasikan sesuatu (appliance, gadget)
  • Menanamkan tumbuhan-tumbuhan tertentu
11 Reading (Membaca):

Menentukangambaranumum/pikiranutamaparagraf/informasitertentu/informasirinci, tersuratdanatautersirat/rujukan kata ataumakna kata/frasaatautujuankomunikatifdalamteksberbentuk recount.

8

RECOUNT

Menentukan:

  • Gambaranumum
  • Tujuanpenulisan
  • Pokokpikiranparagraf
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
Pengalamansendiriatauseseorang :

  • Pergirekreasikesuatutempat/ pantai
  • Pergi camping/berbelanja
  • Pengalamantakterlupakan (menyedihkan: Kehilangananjingkesayangan(pengalamanorang lain). kecelakaan (pengalamansendiri)
    • Pengalaman berekreasi sendiri
    • Pengalaman berekreasi seseorang :
    • Pengalaman orang-orang terkenal dalam menciptakan sesuatu atau melakukansesuatu
12 Reading (Membaca):

Menentukangambaranumum/pikiranutamaparagraf/informasitertentu /informasirinci, tersuratdanatautersirat/rujukan kata ataumakna kata/frasaataupesan moral/tujuankomunikatifdalamteksberbentuk narrative.

8/9

NARRATIVE

Menentukan:

  • Gambaranumum
  • Tujuanpenulisan
  • Pokokpikiranparagraf
  • Informasitertentu
  • Informasirinci
  • Informasitersirat
  • Makna kata/frasa
  • Rujukan kata
  • Pesan moral
Ceritaberikutdariluarnegeri:

  • Folktales
  • Fable
  • Legend
    • Fable (two frogs)
    • Fable (ants and chrysalis)
    • Folktale dariluarnegeri (Kodesoal C71)
Cerita dari luar negeri:

  • Legend
  • Fable
  • Fairytales

 

Cerita dalam negeri (seluruh Indonesia)

  • Legenda yg sudah terkenal
  • Fable
13 Writing (Menulis):

Menentukan kata yang tepatuntukmelengkapiteksrumpangbentuk recount/narrative sederhana.

 

8/9

RECOUNT

NARRATIVE

Menentukan kata yang tepatuntukmelengkapiteks (3 atau 4 rumpang)

 

Kata yang diujikanpenggunaanya:

  • Kata kerja
  • Kata sifat
  • Kata keterangan (Adverb of manner)
  • Kata benda
  • Recount text (preposition of time, verb, noun)
 
  • Narrative (Noun, verb, adjective, adverb of manner, pronoun)
  • Recount (Noun, kata kerja, verb, adjective, adverb of manner, pronoun)
14 Writing (Menulis):

Menentukan kata yang tepatuntukmelengkapiteksrumpangbentuk descriptive/procedure sederhana.

DESCRIPTIVE

PROCEDUREMenentukan kata yang tepatuntukmelengkapiteks (3 atau 4 rumpang)

 

Kata yang diujikanpenggunaanya:

  • Kata kerja
  • Kata sifat
  • Kata keterangan (Adverb of manner)

Kata benda

  • Descriptive text (adjective, verb)
    • Procedures (Noun, kata kerja, verb, adjective, adverb of manner, pronoun)
    • Descriptive (Noun, kata kerja, verb, adjective, adverb of manner, pronoun)
15 Writing (Menulis):

Menentukansusunan kata yang tepatuntukmembuatkalimat yang bermakna.

8/9

JUMBLED WORDS

Menyusun:

  • Kalimatsederhana (Simple sentence)
  • Kalimatmajemuk
  • Kalimatperintah
  • Kalimatbertingkat

 

 

 

 

 

Menyusun kata menjadikalimat  yang berjumlahantara 7 sampaidengan 9 kata
  • Kalimat sederhana dgn phrasal adverbs (extended)

 

  • Kalimats ederhana dengan pengembangan noun phrase
  • Kalimat majemuk setara
  • Kalimat perintah
  • Kalimat bertingkat
  • Tenses untuk SMP

 

16 Writing (Menulis):

Menentukansusunankalimat yang tepatuntukmembuatparagraf yang padudanbermakna.

8/9

JUMBLED SENTENCES

Menyusunkalimatmenjadi paragraph:

  • Report
  • Recount
  • Procedure
  • Descriptive
Menyusunkalimatdaritekssederhanaatau paragraph ygterdiriatas 7 sd. 9 kalimatatau

Dari paragraph teks.

  • Recount  paragraph 8 kalimat (experience)
  • Report
  • Procedure
  • Descriptive
  • Narrative
 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: